Bandung, --Kepala BPH Migas M Fanshurullah Asabeserta Komite dan jajarannya mengunjungiTelkom Digital Solution Care Center(TDSCC)PT Infomedia Nusantara (PT Infomedia)yang merupakan dari Telkom Indonesia, di Bandung.
Pasalnya, PT Infomedia merupakan perusahaan yang fokus pada LayananBusiness Process Outsourcingdan pembangunan sistem serta infrastruktur digital. Kunjungan ini sebagai tindak lanjut penandatangan Nota Kesepahaman (MoU) Antara BPH Migas dan PT Telekomunikasi Indonesia Tbk (Telkom), Tentang Pemanfaatan Potensi Bersama, yang ditandatangi di Bogor pada tanggal 2 Maret 2021.
Penandatanganan Nota Kesepahaman tersebut adalah untuk memperkokoh BPH Migas dalam melakukan fungsi pengawasan dan pengaturan terhadap penyediaan dan pendistribusian BBM dan Gas Bumi dengan penguatan pemanfaatan data melalui aspek digital (digitalisasi).
Dalam sambutannya, GM PT Telkom, Sholeh Abdurrahman, mengungkapkan bahwa pertemuan ini dalam rangka journey, menjelaskan mekanisme kerja Infomedia, pendalaman dari MoU yang telah disepakati antara BPH Migas dengan PT Telkom.
Pertemuan yang lebih luas yang dihadiri lebih banyak jajaran Komite BPH Migas ini sangat penting sebagai kesungguhan tindak lanjut MoU.
Sementara, Kepala BPH Migas, M Fanshurullah Asa, mengatakan bahwa 7 dari 9 Komite BPH Migas, Sekretaris BPH Migas, Direktur BBM dan berbagai bagian lain hadir dalam pertemuan ini sebagai bentuk kesungguhan BPH Migas mewujudkan MoU menjadi implementasi, riil sebagai bentukaction.
"Kita jangan bicara Big Data tanpa wujud nyata realisasi, maka lebih baik memulai 1 langkah dari pada 1000 wacana. Ikan sepat, ikan gabus, bukan ikan lele, makin cepat makin bagus, jangan bertele-tele, segera wujudkan secara sinergis sisi-sisi yang penting dikerjasamakan," papar Ifan sapaan akrab Kepala BPH Migas.
Sementara, Divisi Sales PT Infomedia Fika Faryandi menjelaskan bahwa PT Infomedia Nusantara (Infomedia) menjadi perusahaan pertama penyedia layanan informasi telepon di Indonesia.
PT Infomedia saat ini memfokuskan bisnisnya pada pengelolaanBusiness Process Outsourcingdengan portofolio layananCustomer Relationship ManagementdanShared Service Operation.
Pada kesempatan tersebut PT Infomedia memaparkan solusi pengawasan penyediaan dan pendistribusian BBM menggunakan infrastruktur digital melalui "downstream monitoringdansupervision center".Penggunaan infrastruktur digital ini untuk menyesuaikan perkembangan teknologi informasi sehingga BPH Migas bisa lebih dirasakan kehadirannya oleh masyarakat.
Lebih lanjut Fika Faryandi menuturkandownstream monitoringdansupervision centerberupadownstreamdigitalservice roomyang meliputi 4 aktivitas utama yakni :
1.Public engagementhub meliputiContact Center, Digital Campaign, Public Survey Hub, Escalation Management, danField Intelligent & Whistle Blower.
2. Big data services berupa DataManagement.
3.Analitic & Consulting Service meliputi Downstream Monitoring Operation, Dashboard Monitoring, Analytics Operation, Analytics Usecases & Reporting, Consulting Service, Early Warning Alert System.
4.Supervision Infrastructure, Platform, Site & Facilitymeliputi Big DataInfrastructure& CRMPlatform, Interactive Monitoring Display,dan VIP &Coworking Room.
Dari perbincangan panjang, mayoritas menilaianalitic&consulting servicelayak menjadi prioritas utama. Setelah itu dilanjutkan dengan kunjungan ke beberapa fasilitas yang ada di Telkom Digital Solution Care Center untuk melihat secara langsung pengelolaan data dan informasi dilakukan.
Dalam pertemuan pertemuan tersebut juga dihadiri jajaran Anggota Komite BPH Migas Henry Achmad, Ahmad Rizal, Sumihar Panjaitan, M. Ibnu Fajar, Saryono Hadiwidjoyo, dan M. Lobo Balia.
Sekretaris BPH Migas Bambang Utoro, Direktur BBM Patuan Alfon S, GM PT. Telkom Sholeh Abdurrahman, jajaran Director Infomedia Yusron Haryadi, Sales Operation Director Riri Amalas Yulita, Senior Account Manager PT Telkom Obed Cam serta jajaran operator Infomedia anak perusahaan PT Telkom.
#Command Center #PT Telkom #Indonesia #BPH Migas #Implementasi #MoU