Semangat Inovasi - KliKata.co.id

Panwascam Kecamatan ABTB Melakukan Rapat Kordinasi Jelang Pemilihan
Rapat Kordinasi Panwascam Kec.ABTB |Foto: Yoga
News / Daerah

Panwascam Kecamatan ABTB Melakukan Rapat Kordinasi Jelang Pemilihan

Rabu, 07 Februari 2024 15:14 WIB oleh admin

Klikata.co.id|Bukittinggi|Panwaslu, Kecamatan Aur Birugo Tigo Baleh (ABTB) melakukan pertemuan bersama PPK, Ketua PPS Se-Kecamatan ABTB terkait rapat kerja teknis pengawasan pemungutan dan perhitungan suara dilingkungan Kec.ABTB, di pemilu 2024, di Hotel Pusako Bukittinggi, Selasa (6/2).

M.Akmal selaku Ketua Panwaslu Kecamatan ABTB saat diwawancarai oleh klikata.co.id, menyampaikan bahwa agenda ini dilaksanakan untuk menhadapi tahapan pemungutan dan perhitungan suara.

"Kegiatan ini kita laksanakan dengan melibatkan jajaran adhoc antara KPU dan BAWASLU, dan bertujuan untuk menghadapi tahapan pemungutan serta penghitungan suara yang kurang dari 10 hari. Adapun PPK, PPS, dapat memahami aturan dalam hal pemungutan dan perhitungan suara"kata M.Akmal

Lebih lanjut, M.Akmal juga menjelaskan terkait waktu yang begitu pendek menjelang pemilihan dalam pesta demokrasi, dan berpotensi adanya ketimpangan serta perselisihan yang bisa terjadi di dalam pemungutan dan penghitungan suara tersebut.

"Rapat ini dilaksanakan sebagai sarana pedoman dalam menyikapi masukan dari ppk dan pps agar lancarnya proses pemilu yang akan berlangsung. Hal ini penting dilaksanakan agar anggota kpps dapat memahami dan bisa mengambil tindakan yang akan dilakukan"ujar M.Akmal

Disisi lainnya, M.Akmal juga menyorot terkait adanya sebagian warga yang dalam keadaan disablitas, lansia, dan faktor tersebut membuat pemilih tidak memungkinkan untuk hadir ke tps.

"Untuk wilayah Kec.ABTB terkait DPT yang masuk dalam pemilih disabilitas, panwascam akan menjaga hak mereka sebagai pemilih, dan sesuai dengan keputusan KPU nomor 66 tahun 2024 terkait teknis pelaksanaan pemugutan suara dan perhitungan suara" ujar M.Akmal ( Yoga Saputra)

Komentar
Konten Terkait